Membuat Aplikasi Web Berbasis JSP

Jumat, 02 Desember 2011 2 komentar
Sekilas Tentang Aplikasi Web
 Aplikasi web adalah suatu aplikasi yang dapat membentuk halaman-halaman web berdasarkan permintaan pemakai. Berbagai contoh aplikasi web:
1.    Mesin pencari / search engine.
2.    Toko online
3.    Lelang online
4.    Situs-situs berita
5.    Layanan akademis perguruan tinggi.
6.    Permainan interaktif
7. Forum diskusi
Aplikasi web merupakan salah satu contoh aplikasi client-server. Client mewakili komputer yang digunakan oleh seseorang pemakai yang hendak menggunakan aplikasi sedangkan server mewakili komputer yang menyediakan layanan aplikasi. Dalam konteks ini, client dan server berhubungan melalui internet ataupun intranet. Yang menarik, model ini dapat melibatkan bermacam-macam platform.

Ciri khas yang lain pada penggunaan aplikasi web, pemakai menggunakan perangkat lunak yang dinamakan web browser atau sering disebut browser saja (misalnya Netscape Communicator, Internet Explorer, Mozilla Firefox, dan Opera) untuk mengakses aplikasi web.
Komputer yang bertindak sebagai server umumnya menyediakan database server, selain web server yang ditujukan untuk melayani permintaan pemakai yang hendak mengakses aplikasi web. Database server adalah server yang melayani akses terhadap database. Oracle, MySQL dan Microsoft SQL merupakan contoh dari database server yang sering banyak digunakan. Adapun contoh dari web server adalah Apache (sangat terkenal di lingkungan Linux), IIS (Internet Information Server), yang merupakan andalan Microsoft.

Sekilas Mengenai JSP 
Java Server Pages (JSP) adalah bahasa scripting untuk web programming yang bersifat server side seperti halnya PHP dan ASP. JSP dapat berupa gabungan antara baris HTML dan fungsi-fungsi dari JSP itu sendiri. Berbeda dengan Servlet yang harus dikompilasi oleh USER menjadi class sebelum dijalankan, JSP tidak perlu dikompilasi oleh USER tapi SERVER yang akan melakukan tugas tersebut. Makanya pada saat user membuat pertama kali atau melakukan modifikasi halaman dan mengeksekusinya pada web browser akan memakan sedikit waktu sebelum ditampilkan.
Sebagai gambaran bagaimana JSP melalui masa hidupnya bisa dilihat pada gambar berikut: 




Perangkat
*.JSP ----> Penterjemah ---->*.JAVA---->*.CLASS----> Proses perintah
| JSP |
| |
v v
diterjemahkan kompilasi

2 komentar:

Posting Komentar

 

©Copyright 2011 search & share | TNB